banner 728x90

Cuaca Extrime Gelap Gulita Melanda, PLN Bertindak Cepat Memulihkan Pasokan Listrik Mana di Manado

  • Bagikan
banner 728x90

MANADO – Cuaca ekstrem disertai hujan lebat melanda Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (16/1/21) kemarin. Hingga mengakibatkan banjir, tanah longsor dan runtuhnya beberapa pohon serta padamnya listrik dibeberapa titik wilayah masyarakat.

Beruntung, PLN Melalui Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3), bertindak cepat dalam memulihkan beberapa pasokan aliran listrik yang padam akibat hujan lebat tersebut.

“Laporan yang kami Terima hingga pukul 21.00 WITA, PLN telah berhasil menyalakan 208 gardu dari total 420 gardu yang terdampakterdampak dan masih ada 212 gardu yang masih dalam proses penangganan tim dari PLN. Keterangan rilis menyampaikan keterangan bahwa ada 46.620 pelanggan PLN yang terdampak, 23.088 sudah berhasil listriknya menyala, dan 23.532 Pelanggan yang belum menyala,” kata Andre Lengkong, Manager PLN UP3 Manado.

Baca Juga :  LIPPSU Desak Walikota Medan Bongkar Puluhan Bangunan Perumahan Berjaya Palace Tanpa IMB

Ada pun list daerah yang masih dalam tahap recovery yaitu : Tikala, banjer, Komo, Pall 4, Wusa, kampung baru, Teep, Kawayu, Walian, Watudambo, KaKaima, Baypass, Minewerot, Paslaten, Kauditan, Kuala Batu, Ranowangko, Mangatasik dan Popo.

“Dalam hal ini PLN gerak cepat mengamankan lokasi-lokasi yang terdampak untuk┬ámeminimalisir bahaya tersengat listrik terhadap masyarakat. PLN juga menyiapkan posko siaga 24 jam untuk layanan pengaduan dan melakukan pengawasan didaerah yang berpotensi banjir dan longsor,” ungkap Andre Lengkong.

Baca Juga :  Basri: Persoalan Banjir Harus Segera di Tuntaskan

Selanjutnya dia menghimbau kepada masyarakat ketika cuaca extrime seperti ini segera melaporkan potensi kelistrikan kepada PLN untuk kenyamanan dan keselamatan bersama.

Berikut himbauan kepada masyarakat :
1. Masyarakat kau merelakan pohon di rabas yang mendekati jaringan PLN yang berpotensi menggangu aliran listrik saat hujan
2. Matikan listrik dari MCB ( apabila ada genangan air)
3. Cabut seluruh peralatan aliran listrik yang masih tersambung dengan stop kontak
4. Naikkanlah alat elektronik ketempat yang lebih tinggi dan aman
5. Masyarakat di himbau untuk melapor ke PLN untuk menghentikan sementara pasokan aliran listrik apabila banjir sudah mulai menggenangin daerah tempat tinggal untuk keselamatan dan kebaikan kita semua.

Baca Juga :  Kedatangan Alumni Gontor, DPW PRIMA Riau Diminta Istiqomah Dalam Perjuangannya

PLN akan mengupayakan penormalan terlaksana dengan cepat dan melakukan antisipasi agar hal ini tidak terjadi lagi. PLN juga menjaga pasokan listrik tetap andal dan beroperasi secara maksimal.

Masyarakat bisa melaporkan potensi gangguan dan bahaya melalui Call Center PLN 123 yang dapat di akses lewat telpon (kode area) 123 dan aplikasi Smartphone PlN Mobile kapan dan di mana saja. (*)

  • Bagikan