banner 728x90

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Latihan dan Nutrisi yang Tepat

  • Bagikan
gambar ilustrasi
banner 728x90

Sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara menurunkan berat badan, pertama-tama kita perlu mengetahui terlebih dahulu komponen apa saja yang membentuk berat badan kita. Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki 4 komponen penting dalam pembentukan tubuh, yaitu air, tulang, otot, dan lemak. Perlu di ketahui pula bahwa berat tulang manusia tidak akan berbeda jauh pada tiap individu, dan jumlah air yang dibutuhkan tubuh juga tidak akan berbeda jauh karena tubuh akan meregulasi kadar air sehingga air yang tidak dibutuhkan akan dibuang melalui keringat atau air seni. Jadi, tulang dan air bukanlah faktor utama yang memengaruhi berat tubuh kita, melainkan lemak dan otot.

Beberapa Cara Keliru Dalam Menurunkan Berat Badan

1. Konsumsi Produk Penurun Berat Badan dengan Mengurangi Kadar Air

Kita telah mengetahui bahwa yang memengaruhi berat badan kita adalah otot dan lemak. Oleh karena itu, menurunkan berat badan dengan mengonsumsi berbagai produk penurun berat badan yang mengAndalkan air bukanlah cara yang ideal. Karena air di dalam tubuh telah diregulasi sehingga kadar air alam tubuh kita tidak akan berlebih / kurang. Jadi apabila Anda mengonsumsi produk penurun berat badan dengan cara kerja membuang air dalam tubuh, maka yang terjadi adalah tubuh Anda tidak akan berfungsi secara optimal. Anda akan merasa mudah lelah dan tubuh Anda nantinya akan menyerap semua air yang masuk, sehingga berat yang Anda kurangi dengan cepat akan kembali seperti semula dengan cepat pula. Hal tersebut juga bisa membuat Anda merasa haus berkepanjangan dan membuat Anda menjadi jarang atau bahkan tidak buang air kecil. Ini tentunya berbahaya bagi ginjal Anda karena ginjal membutuhkan air untuk beroperasi. Karena itu, janganlah mengorbankan kesehatan Anda karena keinginan untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Menurunkan Massa Otot

Mengurangi masa otot juga bukanlah cara yang ideal dalam menurunkan berat badan Anda, karena nantinya tubuh Anda akan menjadi lebih mudah lelah dan tidak sehat. Kekurangan massa otot juga akan membuat Anda kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari, karena pada dasarnya tubuh kita memang memanfaatkan rentang gerak otot tubuh untuk bergerak secara sempurna. Jadi, penurunan massa otot bukanlah solusi untuk menurunkan berat badan Anda.

3. Menurunkan Massa Lemak Secara Cepat

Sangat penting untuk diketahui bahwa cara yang paling ideal dan tepat dalam menurunkan berat badan adalah dengan memangkas lemak ditubuh Anda. Karena melalui dua poin sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa menurunkan berat badan dengan konsumsi produk penurun berat badan melalui air dan menurunkan massa otot adalah cara yang keliru. Dalam poin ketiga ini, Anda pasti berpikir cara terbaik dan ideal dalam menurunkan berat badan adalah dengan memangkas lemak secepat mungkin. Namun, ternyata anggapan tersebut masih juga keliru, karena lemak yang ada dalam tubuh Anda kebanyakan sudah disimpan di dalam perut ataupun otot, bukan di peredaran darah. Jadi jika Anda memangkas lemak secepat mungkin, apalagi dengan mengonsumsi berbagai produk yang banyak di tawarkan di pasaran, maka lemak yang disimpan tersebut akan dipecah dan masuk ke dalam peredaran darah sehingga bisa menyebabkan penumpukan lemak dan berakibat stroke ataupun serangan jantung.

Baca Juga :  Is Japan the Most Overrated Travel Destination in the World?

Jadi, Bagaimana Cara yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan?

Setelah kita membaca beberapa poin di atas, kita bisa tarik kesimpulan bahwa cara yang tepat dan ideal untuk menurunkan berat badan pada intinya membutuhkan proses, tidak ada acara instan untuk menurunkan berat badan kecuali Anda tidak memperdulikan kesehatan Anda. Sederhananya, lemak yang menumpuk di dalam tubuh harus digunakan semaksimal mungkin untuk di bakar, bukan untuk di hancurkan, beberapa orang menyebutnya dengan istilah “cutting”. Beberapa caranya adalah dengan melakukan olahraga dan diet yang tepat. Kedua cara sehat ini harus dilakukan secara bersamaan agar proses penurunan berat badan bisa berjalan dengan ideal.

1. Cara Diet Sehat dan Alami untuk Mencapai Defisit Kalori

Dalam memenuhi kebutuhan tubuh, Anda memerlukan kalori yang cukup untuk beraktifitas sehari-hari, kebutuhan ini bisa diukur dengan jumlah kalori yang Anda butuhkan, normalnya para pria membutuhkan 2200 kalori dan para wanita membutuhkan 1800 kalori. Maka untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi jumlah kalori Anda minimal 500 kalori per harinya. Jadi, bila Anda membutuhkan 2200 kalori per hari, maka Anda harus mencoba untuk menguranginya jadi 1700 kalori untuk dapat menurunkan berat badan Anda. Tentunya hal ini perlu dilakukan dengan diet alami, serta membatasi asupan lemak dan gula, karena lemak dan gula bisa membuat program diet Anda menjadi kacau. Yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan sampai Anda tidak makan sama sekali atau memakan hanya 500-1000 kalori saja hanya demi mencapai defisit kalori, karena nantinya tubuh Anda akan kekurangan energi dan Anda akan merusak tubuh Anda.

 

2. Berolahraga Secara Rutin

Sebelumnya kita telah membahas bahwa lemak dalam tubuh perlu kita gunakan. Nah, cara menggunakannya adalah dengan melakukan olahraga yang rutin, sehingga lemak tubuh bisa berkurang. Latihan olahraga yang baik untuk membakar lemak Anda adalah dengan olahraga kardio, seperti lari, jogging, bersepeda, berenang, HIIT, dll. Namun, bukan berarti olahraga yang lain tidak efektif untuk membakar lemak.

 

Prinsip utamanya adalah membuat gaya hidup yang aktif dengan lebih banyak bergerak dan tidak bermalas-malasan, sehingga kalori Anda akan digunakan yang diiringi dengan pengurangan jumlah kadar lemak di dalam tubuh. Usahakan untuk meluangkan waktu Anda sebanyak 10-30 menit perhari untuk berolahraga. Contoh dari gaya hidup aktif adalah dengan ke kantor menggunakan sepeda atau jalan kaki, ataupun memperbanyak gerakan tubuh dengan tidak hanya duduk atau rebahan. Karena aktifitas inilah yang nantinya akan menggunakan lemak menjadi energi, sehingga lemak akan di bakar secara sehat.

 

Kedua poin diatas harus dilakukan secara bersamaan sebagai cara menurunkan berat badan yang sehat dan ideal. Kenapa? karena jika Anda hanya fokus dalam melakukan diet alami atau diet sehat, pastinya akan membuat Anda bosan dan hidup Anda menjadi sangat monoton, nantinya malah Anda akan menyerah ditengah jalan dan target Anda malah tidak tercapai. Sebagai contoh, ada seorang pria yang membutuhkan 2200 kalori dalam sehari, maka cara yang biasanya dianjurkan untuk menurunkan berat badannya adalah dengan mengurangi ¼ porsi makan, yang artinya mengurangi 500 kalori. Namun, hal tersebut harus di dukung dengan tidak mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi akan karbohidrat. Nah, dengan di imbangi olahraga yang rutin demi membantu pembakaran kalori, Anda masih bisa sesekali mengonsumsi makanan yang enak, bahkan Anda nyaris tidak mempunyai larangan konsumsi makanan asalkan semua kalori yang Anda makan Anda tutupi dengan beraktifitas. Oleh karena itu, latihan olahraga adalah faktor terpenting untuk menurunkan berat badan Anda.

Baca Juga :  Why Millennials Need to Save Twice as Much as Boomers Did

 

Apakah Ada Cara Curang untuk Menurunkan Berat Badan?

Jawabannya adalah tidak ada, karena sesuai dengan yang kita pelajari diatas bahwa untuk menurunkan berat badan, kita butuh yang namanya proses. Tidak ada cara curang dan cara mudah untuk mencapai tubuh ideal, kalian harus berusaha untuk mencapainya sendiri. Jangan korbankan kesehatan Anda hanya untuk menurunkan berat badan Anda dengan cepat.

 

Namun, bukan berarti tidak ada produk yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Produk yang kami anjurkan adalah dengan mengonsumsi Whey Protein. Kenapa whey protein? Karena whey protein akan membantu tubuh Anda melalui 2 cara menurunkan berat badan diatas, yaitu dengan cara membantu program diet alami dengan mencapai defisit kalori dan juga dengan memaksimalkan latihan olahraga yang Anda lakukan.

 

1. Bantu Program Diet Alami Anda Melalui Kalori Defisit

Salah satu kelebihan dari whey protein adalah kandungan kalorinya yang rendah namun mengenyangkan. Jadi, dengan mengonsumsi whey protein sebagai alternatif asupan Anda, maka secara otomatis Anda telah melakukan defisit kalori per hari yang telah disarankan untuk bantu penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi whey protein pada sore ataupun malam hari (rendah kalori), Anda bisa bebas mengonsumsi makanan apapun yang Anda inginkan pada siang hari. Apabila Anda tertarik mengikuti cara ini, maka kami sarankan untuk memilih jenis produk Whey Protein Isolate seperti AST VP2, karena tidak hanya rendah kalori, produk ini juga memiliki jumlah lemak, gula, dan kolesterol yang sangat rendah. Keunggulan lain dari whey protein pada produk ini juga memiliki rasa yang enak dan mudah di konsumsi, sehingga tidak akan mengganggu aktifitas harian Anda.

2. Memaksimalkan Latihan Olahraga yang Anda Lakukan

Whey protein adalah salah satu jenis protein yang paling baik untuk membentuk otot. Lalu apa hubungannya whey protein dengan cara menurunkan berat badan?

Seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya, untuk membentuk tubuh yang ideal Anda membutuhkan latihan yang keras. Whey protein akan memaksimalkan latihan Anda dengan memberikan energi, memaksimalkan pertumbuhan otot, serta memulihkan sel otot yang rusak pasca olahraga. Dalam proses pembentukan otot pun tubuh akan mengurangi kadar lemak yang secara otomatis terbakar karena proses latihan yang keras tersebut, hal ini sering disebut dengan istilah “cutting”. Maka dengan mengonsumsi whey protein, maka Anda akan mampu meningkatkan performa dan memenuhi kebutuhan tubuh saat beraktifitas atau berolahraga sehingga kadar lemak dalam tubuh bisa berkurang secara maksimal dan efisien.

Whey protein sangat disarankan untuk Anda yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, karena whey protein akan membantu Anda untuk mencapai defisit kalori dan mengubah lemak dalam tubuh menjadi otot, sehingga Anda akan memiliki tubuh ideal dan terlihat lebih atletis.

Baca Juga :  Here's Some of the Best Sneakers on Display at London Fashion Week

Tapi, Apakah Whey Protein Cocok dan Bisa Digunakan untuk Wanita?

Jawabannya adalah bisa, jika Anda takut tubuh Anda menjadi berotot besar seperti pria, itu hanyalah mitos. Kaitannya dalam menurunkan berat badan, kita tahu bahwa protein bisa membuat tubuh terasa lebih kenyang sehingga mampu membantu program diet sehat Anda, dan juga sekaligus bisa mengurangi jumlah lemak Anda dengan otot tubuh yang lebih kencang (bukan besar), sehingga lekukan tubuh Anda akan menjadi lebih elegan dan ideal.

Bagaimana Cara Memilih Whey Protein yang Paling Tepat?

Setelah memahami fakta diatas tentunya kita harus bisa memilih mana whey protein yang paling tepat untuk menurunkan berat badan. Produk whey protein yang bisa kita anjurkan adalah AST VP2 2 lbs dan Nitrotech Whey Gold 5.5 lbs atau Nitrotech Ripped 4 lbs.

Mengapa AST VP2?

Untuk memaksimalkan penurunan berat badan, produk ini sangat tepat karena memiliki jumlah kalori yang sangat sedikit, yaitu 110 kkal. Selain itu AST VP2 juga memiliki kadar gula, lemak, dan cholesterol yang sedikit, yaitu 0.5 gr lemak, 1 gr gula dan 15 mg kolesterol sehingga tidak akan menambah kadar gula dan lemak pada tubuh Anda. Tubuh Anda pun akan mendapatkan energi yang sepenuhnya berasal dari protein murni dari AST VP2, yaitu protein isolate dan protein hidrosilat sebesar 23 gr. Jenis protein ini merupakan jenis protein yang paling murni karena berasal dari proses penyaringan ekstensif yang tidak pernah akan Anda temui pada produk lainnya.

Kandungan terpenting lainnya adalah adanya kandungan asam amino sistein dan sistin yang tinggi. Asam amino sistein berperan penting dalam membantu anabolisme protein sehingga proses metabolisme tubuh Anda menjadi semakin baik. Sederhananya, kandungan asam amino sistein mampu membantu membakar lebih banyak kalori tubuh Anda. Sedangkan sistin berperan dalam pembentukan Gluthatione sebagai antioksidan dan mendetoksifikasi tubuh.

Mengapa Nitrotech Whey Gold 5.5 lbs atau Nitrotech Ripped 4 lbs?

Nitrotech merupakan opsi kedua yang sangat cocok untuk menurunkan berat badan Anda, karena baik Nitrotech Whey Gold dan Nitrotech Ripped 4 Lbs mempunyai kelebihannya masing-masing dalam menurunkan berat. Nitrotech Whey Gold memiliki jenis protein yang sangat murni dan kalori yang sangat rendah (120kkal) sehingga sangat cocok untuk mengatur pola makan Anda. Sedangkan Nitrotech Ripped 4 lbs memang memiliki kalori yang sedikit tinggi (170kkal), namun produk whey protein ini memiliki formula yang disebut dengan Ripped Matrix (L-carnitine, CLA, dan Ekstrak teh hijau) yang akan membantu  membakar lemak Anda lebih cepat dan secara langsung menurunkan berat badan. Jadi, apabila Anda berencana melalukan aktivitas atau kegiatan yang cukup ekstrim, maka Nitrotech Ripped 4 lbs sangat cocok untuk Anda, karena proses pembakaran lemak yang terjada karena olahraga akan ditingkatkan lagi dengan formula yang ada pada produk ini. Disisi lain, jika Anda memliki gaya hidup yang aktif dan ingin menurunknan berat badan dengan mengatur pola makan, pilihlah Nitrotech Whey Gold 5.5 Lbs.

Penulis : SFI I Sumber : sfidn.com

 

  • Bagikan