banner 728x90

Cara Mencari Peluang Usaha Untuk Bertahan di Masa Pandemi

  • Bagikan
gambar ilustrasi
banner 728x90

Sejak diterpa pandemi COVID-19 pada Desember silam, perekonomian dunia termasuk di Indonesia kian merosot karena sejumlah aktivitas dari beberapa sektor seperti perdagangan, bisnis, dan pariwisata harus terhenti untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Akibatnya, tidak sedikit dari para pekerja yang harus kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan dirumahkan. Bahkan, banyak pelaku usaha mikro/kecil terpaksa harus menutup usahanya setelah dilanda pandemi. Hal ini menimbulkan kondisi ekonomi kian terpuruk apabila tidak ada solusi untuk mereka agar bisa bertahan di masa pandemi.

Peluang Bisnis Usaha

Alih-alih ingin mendapatkan pekerjaan kembali, sebagian dari mereka justru menyiasatinya dengan berbisnis. Mereka mulai mencari peluang bisnis yang sesuai dengan bidang yang mereka inginkan. Jika kamu salah satu dari mereka yang ingin merintis bisnis sendiri, berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum terjun ke dunia bisnis.

Melihat Kebutuhan Pasar

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis adalah meriset kebutuhan pasar yang sedang digandrungi masyarakat. Kamu bisa mulai menawarkan produk-produk yang berkaitan dengan kebutuhan mereka saat ini. Contohnya di masa pandemi seperti sekarang banyak orang yang membutuhkan alat-alat kesehatan seperti masker, face shield, hand sanitizer, dan vitamin. Ada juga tren bersepeda yang mulai merebak sebagai langkah untuk tetap hidup sehat. Kamu dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk merintis bisnismu sendiri.

Baca Juga :  Sepekan berjalan, aktivitas Pasar Ramadan Di Bontang Terpantau Aman.

Pertimbangkan Supplier

Jika kamu sudah menentukan produk atau barang yang akan kamu pasarkan. Langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang dapat memastikan pasokan produk dari bisnismu selalu tersedia saat produkmu dicari konsumen. Kamu dapat mencari supplier di pusat grosir, daerah-daerah, hingga luar negeri.

Manfaatkan Teknologi Online

Tidak bisa dipungkiri, internet telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di masa pandemi. Banyak kegiatan yang dialihkan secara daring, mulai dari work from home, belajar online, hingga transisi dari bisnis konvensional ke bisnis online. Kamu dapat mencari peluang untuk menjangkau lebih banyak segmen bisnismu dengan memanfaatkan teknologi online seperti menggunakan sosial media, platform e-commerce, forum, hingga membuat website agar produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen.

Baca Juga :  SD Muhammadiyah Gelar Ujian Sekolah Secara Luring

Optimalkan Bisnis Online

Menjalankan bisnis online memang bisa menjadi solusi untuk mendapatkan penghasilan tambahan, terutama bagi mereka yang terkena dampak pandemi. Namun, jika hanya memanfaatkan media sosial tanpa strategi atau rencana yang matang, maka bisa dipastikan bisnismu hanya akan jalan di tempat. Belum lagi tidak semua konsumen akan melihat sosial media, website, maupun marketplace produk yang kamu pasarkan. Kamu harus dapat menyiasatinya dengan beberapa langkah berikut.

Email Marketing

Salah satu cara untuk mengoptimalkan bisnis online adalah dengan melakukan komunikasi lewat email atau email marketing. Dengan mengirim email marketing, kamu dapat mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada konsumen yang lebih spesifik sesuai dengan segmen bisnismu.

Terapkan Strategi yang Tepat

Untuk memahami peran vital penjualan dalam tatanan pemasaran, kamu harus dapat menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan bisnismu. Contohnya, kamu harus mengamati perilaku dari segmen bisnismu di saat masa pandemi seperti ini untuk bisa menjual produk sesuai dengan yang mereka inginkan. Dengan begitu, kamu akan dapat meraup keuntungan dari hasil penjualan bisnismu.

Baca Juga :  Ducati launch: Lorenzo and Dovizioso's Desmosedici

Belajar Digital Marketing

Berkembang atau tidaknya bisnis online tidak luput dari peran digital marketing yang dilakukan para pelaku bisnis. Oleh karena itu, kamu harus mempelajari bagaimana cara memasarkan atau mengoptimalkan suatu bisnis dengan digital marketing. Dengan belajar digital marketing, kamu akan mengetahui strategi apa yang cocok untuk bisnismu agar bisa berkembang dan memenuhi target penjualan. Di saat pandemi seperti sekarang ada banyak pelatihan tentang digital marketing yang bisa diikuti secara online di berbagai platform. Kamu bisa memilih pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilanmu dalam menjalankan bisnis online.

Mencari peluang dalam berbisnis tidak hanya menjual atau memasarkan suatu produk atau jasa. Namun, juga harus memahami bagaimana cara mengoptimalkannya dengan berbagai strategi agar bisa meraup banyak keuntungan. Kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mengikuti pelatihan tentang bisnis sebelum merintis bisnismu sendiri. Saatnya kamu mendalami dunia bisnis dengan memilih pelatihan yang cocok untuk bisnis yang akan kamu kembangkan.

Sumber : HACKTIV8

 

  • Bagikan