banner 728x90

BNNK Bontang Bentuk Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika

  • Bagikan
BNNK Bontang Gelar Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika, melalui dialog interaktif di kalangan sekolah menengah pertama (SMP) (Istimewa/BNNK Bontang)
banner 728x90

BONTANG – Bertempat di Ruang Rapat Kelurahan Tanjung Laut Indah, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Bontang menggelar Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika, melalui dialog interaktif di kalangan sekolah menengah pertama (SMP), Selasa (18/05/2021) kemarin.

Kegiatan itu dibuka oleh Subkoordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Cokorda Istri Sinta Sukma Ratih S.Sos yang memaparkan materi tentang Narkoba jenis baru.

Bahtiar Mabe, S.Sos, M.Kes dan Trully Tisna Milasari S.Psi dari DPPKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana) turut hadir menyampaikan berbagai materi tentang bahaya, jenis, dampak, prespektif dan faktor risiko barang haram tersebut.

Baca Juga :  Target Rampung 2021, Pemkot Bontang Tawarkan 8 Draft Kelurahan Baru untuk Pemekaran

Kegiatan yang dihadiri oleh pelajar SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 7 tersebut, dilaksanakan guna mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di wilayah Kota Bontang.

“Kegiatannya merupakan kegiatan baru dari Deputi Pencegahan BNN RI dan kegiatannya masuk ke dalam kategori Prioritas Nasional jadi wajib dilaksanakan,” ujar Cokorda.

Cokorda melanjutkan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Remaja Teman Sebaya di kalangan Remaja SMP, agar daya tangkal terhadap bahaya narkoba, bisa disosialisasikan oleh kader-kader anti narkoba di masing-masing sekolah.

Baca Juga :  Seorang Warga Gunung Elai Ditemukan Tewas di Rumah Kontrakan

“Alasan dipilihnya SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 7 sebagai peserta kegiatan. Karena ketiga sekolah tersebut terletak di Kelurahan Tanjung Laut dan Kelurahan Tanjung Laut Indah yang akan menjadi pilot project Kelurahan Bersinar (Bersih dari Narkoba),” jawabnya.

Untuk tahun ini, lanjut Sukma, Kegiatan akan diadakan di dua kelurahan tersebut.

“Nanti di evaluasi di pusat apakah kegiatannya efektif atau tidak, kalau efektif akan dilanjutkan dan diharapkan bisa berkelanjutan seperti PIK”.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesadaran Akan Narkoba, BNN Canangkan Program Ketahanan Keluarga

Tak hanya itu, kegiatan serupa juga sudah dilaksanakan untuk tingkat SMA oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi
(BNNP), dan desa bersinar milik BNNP di Kukar.

Cokorda juga berharap, peserta bisa konsisten dan sungguh-sungguh menjadi Remaja Teman Sebaya Anti Narkoba.

“Karena kan namanya remaja pasti masih mencari jati diri dan passionnya dimana sih terkadang masih jenuh dengan hal-hal yang formal,” tandasnya.


Reporter : Ayu Ariesta

  • Bagikan