banner 728x90

Berdiri Sejak 1994, Terminal Bus Bontang Belum Pernah Direnovasi

  • Bagikan
banner 728x90
Terminal KM 6 Bontang

BONTANG – Saat ini Terminal bus type B Bontang, dalam kondisi rusak. Atapnya sudah terlihat terkelupas. Dapat membahayakan calon penumpang yang ingin berpergian keluar kota.

Karena statusnya sebagai terminal bus Type B, maka yang bertanggung jawab atas hal itu adalah Dinas Perhubungan Kaltim.

Hal itu di ungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bontang Kamilan. Dirinya membenarkan bahwa terminal Bontang menjadi wewenang di tingkat provinsi.

Kebijakan tersebut sudah tertuang dalam peraturan perundang-undangan tahun 2014 tentang pembagian urusan pemerintah dalam hal perhubungan.

“Sudah ada undang-undangnya no 23 tahun 2014. Terminal Bontang itu masuk Tipe B, kalau tipe B itu sudah menjadi urusan provinsi,” ungkap Kamilan saat disambangi di Ruang Kerjanya, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga :  Wanita Paruh Baya Ditemukan Gantung Diri

Disinggung mengenai apakah ada kordinasi yang dilakukan antar Dishub Bontang dan provinsi untuk merehab terminal yang terletak di Jalan S. Parman itu, Kamilan mengatakan pihaknya hanya sebatas memberikan saran saja.

“Kami hanya bisa memberikan masukan saja. Selebihnya itu provinsi, anggarannya pun dari provinsi juga,” terangnya.

Dirinya juga menyebutkan semenjak terminal tersebut dibangun. Memang belum ada perbaikan yang dilakukan baik dari pihak kota maupun provinsi.

Baca Juga :  Hujan Badai Landa Bontang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

Dia menuturkan, Terminal tersebut dibangun sebelum Bontang berstatus menjadi kota dan saat itu masih tergabung di Kabupaten Kukar.

“Sejak saya masuk tahun 1994, terminal itu sudah ada,” sebutnya.

Untuk diketahui, menurut undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang pembagian urusan pemerintah dalam hal perhubungan, disebutkan bahwa pengelolaan terminal tipe A dilakukan oleh pemerintah pusat, tipe B dilakukan oleh Daerah Provinsi dan tipe C dilakukan oleh daerah kabupaten/kota.

Setiap tipe terminal memiliki peran pelayanan yang berbeda, hal ini sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No.132 Tahun 2015.

Baca Juga :  Solidaritas Pemuda Gelar Aksi Gotong Royong Pungut Sampah Di Mangrove Saleba dan Berbas Pantai

Terminal tipe A merupakan terminal yang peran utamanya melayani kendaraan umum untuk angkutan lintas batas negara dan atau angkutan antar-kota antar-provinsi yang dipadukan dengan pelayanan angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan perkotaan, dan/atau angkutan perdesaan.

Terminal Tipe B peran utamanya melayani kendaraan umum untuk angkutan antar kota dalam provinsi yang dipadukan dengan pelayanan angkutan perkotaan dan/atau angkutan perdesaan.

Terminal Tipe C merupakan terminal yang peran utamanya melayani kendaraan umum untuk angkutan perkotaan atau perdesaan. (PNM)

  • Bagikan