banner 728x90

Balikpapan, Total Pasien Per 23 Juli 385 Orang, Meninggal 8 Orang

  • Bagikan
banner 728x90

BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan perkembangan kasus COVID-19 di Balikpapan, terjadi penambahan enam kasus positif COVID-19.  

“Hari ini ada sepuluh kasus yang kita peroleh, enam terkonfirmasi positif, empat yang negatif atau sembuh,” ujar Rizal pada jumpa pers melalui Instagram Humas Pemkot Balikpapan, pada Kamis (23/7/2020). 

Ia menjelaskan, “Total pasien positif per 23 Juli seluruhnya 358 orang, dirawat 92 orang, sembuh 258 orang, meninggal 8 orang,” katanya.

Kemudian, pada kesempatan yang sama Rizal juga menyampaikan pada Kamis ini juga telah dilakukan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) Pemerintah Kota Balikpapan.

“Hari ini kita mulai Bantuan Sosial Tunai program pemerintah kota. Jumlahnya di tiga kecamatan, 50.715 kepala keluarga, (kecamatan) Balikpapan Barat, Balikpapan Tengah, Balikpapan Utara,” kata Rizal.

Baca Juga :  MUI akan berangkat ke China untuk mengecek kehalalan vaksin covid - 19

Pembagian BST ini dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan dan Kantor Pos Karang Jati. “Hari ini di sini warga Gunung Sari Ulu 3.104 orang, di Kantor Pos Karang Jati 1.135 orang. Nilai yang di paket tiga dan empat sejumlah Rp460 ribu mudah-mudahan selesai sebelum Lebaran (Haji/ Iduladha),” ujarnya.

Rizal menyatakan masih menunggu tambahan dari Provinsi Kalimantan Timur, pihaknya telah mengajukan sekitar 13 ribu tambahan BST untuk warga Balikpapan.

Sebelumnya diketahui tiga orang pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim dinyatakan positif COVID-19. Akibatnya salah satu unit Samsat di Balikpapan ditutup.

Baca Juga :  Malam Tahun Baru 2021, PJU Polda Kaltim Cek Pengamanan Dari Gereja Hingga Posko Pelayanan Ops Lilin Mahakam

Terkait hal ini, seluruh pegawai Samsat telah menjalani pemeriksaan sweb untuk memastikan tidak ada lagi pegawai yang tertular COVID-19.

“Kemarin telah dilakukan sweb seluruh pegawai (Samsat) di institusi Kaltim yaitu di RS Kanujoso dan Labkesda Kaltim, kita menunggu hasil,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty yang kerap disapa Dio.

Sebelumnya, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim Hj Ismiati melalui akun Instagram Pemprov Kaltim mengakui tiga stafnya terkonfirmasi positif COVID-19.

“Staf yang positif itu bagian administrasi, bukan staf pelayanan,” kata Ismi, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga :  Lapas Klas IIb Banjarbaru terapkan protokol kesehatan untuk penerimaan tahanan baru

Kembali ke Dio, ia memaparkan bahwa di Balikpapan akan diselenggarakan tes sweb gratis pada Sabtu, 25 Juli 2020.

“Kami telah melakukan pertemuan dengan panitia CSR BNI yang akan mengadakan kegiatan serentak seluruh Indonesia. Untuk Balikpapan mendapatkan kuota 500 swab gratis. Dalam pelaksanaannya pelayanan swab gratis BNI bekerja sama dengan RS Pertamina Balikpapan,” ujar Dio.

Ia menjelaskan, tidak semua akan diberikan kepada masyarakat umum, namun sebagian tes swab gratis ini akan diberikan untuk pihak Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan.

“Sasaran 300 dibuka umum, kemudian 200 diberikan oleh BNI kepada gugus tugas untuk tracing kontak,” katanya.

  • Bagikan