Agus Haris Soroti Sektor Air Bersih dan Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Pesisir

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris saat dikonfirmasi awak media (Rifki/jurnaltoday.id)

BONTANG– Sektor air bersih dan peningkatan kualitas pendidikan di pesisir Bontang menjadi salah satu sorotan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang.

Wakil Ketua DPRD Bontang Agus Haris mengatakan Kota Bontang yang memiliki sumber daya laut yang banyak, rupanya berbanding terbalik dengan kesejahtraan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Misalnya kondisi masyarakat pesisir. Agus menilai mereka masih memiliki banyak keterbatasan untuk menunjang kesejahtraan.

Baca Juga :  Petani Sumbar Apresiasi Presiden Jokowi Beri Anugerah Bintang Mahaputera Pada Amran Sulaiman

Padahal lanjut dia, para nelayan sangat berjasa  untuk memenuhi ketersediaan bahan pangan seperti ikan, udang dan hasil laut lainnya.

“Begitu besar bantuan mereka (Nelayan) kepada kehidupan kita. Kalau tidak ada nelayan, kita tidak akan mendapatkan asupan ikan,” terangnya.

Pihaknya pun mendorong agar pemerintah memiliki kepekaan terhadap kondisi yang dihadapi masyarakat pesisir. Seperti menyediakan fasilitas penunjang kelayakan hidup di wilayah itu.

Baca Juga :  Masih Menolak Omnibus Law, Mahasiswa Bontang Geruduk Dewan Usai Rapat

“Seperti air bersih, mereka sangat susah mendapatkan itu. Karena disana tidak ada air, dan tidak ada upaya pemerintah dalam hal upaya penyediaan air bersih yang mungkin bisa diantar setiap hari,” kata Agus Haris ditemui di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang, Selasa (09/03/2021)

Juga sektor pendidikan. Agus melihat persoalan ketersediaan ilmu pengetahuan bagi anak-anak pesisir, masih jauh dari kata layak. Bahkan, beberapa murid enggan melanjutkan bangku sekolah dan memilih untuk menjadi nelayan di usia pelajar.

Baca Juga :  Ribuan Massa Kawal Adibas, Basri : Kami Tidak Gentar Lawan Nejo

“Kesadaran pendidikan juga akhirnya turun disana,” lanjutnya.

Kedepan politisi Partai Gerindra ini juga menyampaikan kepada Pemerintah terus mengupayakan perhatian untuk masyarakat pesisir khususnya di bidang pendidikan.

“Pengembangan Sumber Daya Manusia juga menjadi poin penting, khususnya di pendidikan baik itu beasiswa ataupun sarana penunjang lainnya,” tutupnya. (004/Redaksi)

  • Bagikan