9 Narapidana Binaan Rutan Samarinda Bebas Setelah Terima Remisi Kemerdekaan

  • Bagikan

SAMARINDA – Dari 12.515 penghuni UPT Pemasyarakatan Kalimantan Timur, Rutan Kelas II A Samarinda kebagian menerima remisi Kemerdekaan bagi ratusan warga binaan.

Selang setelah mengikuti apel virtual kemerdekaan bersama Presiden Republik Indonesia pagi. Selasa (17/08/2021),

Penyerahan remisi di lakukan dalam rangkaian Press Conference bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sebanyak 360 warga binaan Rutan Samarinda memperoleh remisi umum kemerdekaan.

Kasubsi Pelayanan dan Tahanan Rutan Kelas IIA Samarinda Muchammad Miftahuddin menerangkan, ada 360 orang WBP Rutan yang mendapatkan remisi umum atau potong masa hukuman, yang terdiri dari 339 laki-laki dan 21 perempuan.

“Yang langsung pulang (bebas) ada 9 orang,” kata Miftahuddin ditemui wartawan termasuk di kantornya, Jalan KH Wahid Hasyim II.

Namun demikian, menurut Miftahuddin, Rutan tidak membiarkan begitu saja WBP yang bebas bisa langsung pulang. Melainkan harus menjalani tes antigen lebih dulu.

“Sebelum pulang, kami lakukan tes antigen dulu untuk memastikan yang bersangkutan, dalam keadaan negatif Covid-19. Agar bisa berkumpul kembali bersama keluarganya, dengan aman dan nyaman,” ujar Miftahuddin.

Dia menjelaskan, dengan remisi bebas 9 WBP, jumlah WBP di Rutan Samarinda menjadi 1.096 orang.

“Sebelumnya ada 1.105 orang dikurangi 9 orang yang langsung bisa pulang ke rumah,” sebut Miftahuddin.

“Pesan kami paling utama, jangan sampai mengulangi lagi tindak pidana. Silakan kumpul bersama keluarga, jangan sampai terulang lagi melakukan tindak pidana,” imbuh Miftahuddin mengingatkan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Rutan Kelas IIA Samarinda Alanta Imanuel Ketaren berharap, WBP yang mendapatkan remisi hingga bebas, bisa menjadi insan manusia yang lebih baik.

“Saya harap dengan semangat kemerdekaan ini, warga binaan yang mendapatkan masa potong tahanan dan bebas langsung, dapat memaknai HUT ke-76 Kemerdekaan ini untuk menjadi insan yang lebih baik,” kata Alanta. (*)

Editor: Redaksi
  • Bagikan