485 Penumpang Kapal Penumpang Kloter Terakhir Berhasil Mudik

  • Bagikan
Kapal Binaiya yang bersandar di Pelabuhan Lok Tuan, sesaat sebelum berangkat menuju Sulawesi Selatan

BONTANG – Memasuki minggu-minggu terakhir bulan ramadan, aktivitas di Pelabuhan Lok Tuan untuk edisi mudik bulan ramadan antar provinsi sudah tutup terhitung, Senin (03/04/2021).

Penutupan fasilitas arus mudik di Pelabuhan Lok Tuan di isi dengan penyeberangan Kapal Binaiya dengan tujuan Awarange dan stay di Makassar.

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Umum Dinas Perhubungan ( Dishub) Welly Sakkius, mengatakan Kebijakan tersebut sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat terkait larangan mudik, mulai 6-17 Mei mendatang.

“Iya hari ini terakhir, kapal berangkat jam 21.00 Wita,” kata¬† Welly saat ditemui awak media, Senin (03/05/2021).

Disinggung mengenai lonjakan penumpang, Welly menyebutkan menjelang akhir ramadan, aktivitas masyarakat cukup tinggi untuk bepergian. Diketahui, mudik terakhir ini, Kapal Binaiya berhasil mengangkut 485 penumpang.

Selanjutnya pihaknya mengatakan masih banyak masyarakat yang ingin berangkat. Namun, pemerintah pusat melakukan pembatasan dan pengetatan aturan sehingga tidak ada dispensasi.

“Jadi 485 itu batasnya. Ada yang mau beli tiket sudah tidak bisa, sudah terkunci dari pusat,” ujarnya.

Beroperasinya kembali kapal penumpang di Pelabuhan Lok Tuan akan menunggu keputusan lebih lanjut dari Kementrian Perhubungan. Penentuan jadwal pun, nanti menunggu dari Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

“Entah nanti tanggal 17 Mei atau 24 Mei, kita tunggu info lagi dari Pelni,” tutupnya. (Qy)

  • Bagikan